Total Tayangan Halaman

Rabu, 24 Januari 2018

RIHLAH KELUARGA DI JOGJA, PENYELENGGARA RIHLAH DI JOGJA, BUAT ACARA RIHLAH DI YOGYAKARTA, RIHLAH UNTUK MAHASISWA DI JOGJAKARTA, ACARA RIHLAH ORGANISASI DI YOGYAKARTA










DREAMGEDE Tour Travel mengajak komunitasi dakwah Islam di Yogyakarta dan sekitarnya untuk mengadakan RIHLAH untuk kalangan sekolah, kantor, maupun keluarga.

Kata rihlah diambil dari bahasa arab yang berarti perjalanan. Rihlah ialah perjalanan mentadabburi alam dengan maksud dan tujuan yang baik dan di dasarkan niat kepada Allah SWT. 

Perjalanan yang dimaksud di sini bukanlah berarti sebagai musafir yang melakukan perjalanan jauh melainkan perjalanan di sini adalah sebuah perjalan yang dianggap sebagai liburan dari kegiatan yang telah berlangsung lama, meninggalkan kegiatan kantor, meninggalkan sementara waktu pekerjaan.





  

  
Perjalanan yang menyenangkan bila kita mengadakan RIHLAH

Beberapa manfaat mengikuti dan melakukan rihlah
1. menguatkan rasa solidaritas.
2. mengukuhkan ukhuwah.
3. memperbaiki kembali kerenggangan ukhuwah.
4. membangun kebersamaan/rasa peduli terhadap sesama.

Manfaat bagi pribadi dan kaitannya dengan kesehatan :
  1. Rihlah dapat menjaga kesehatan jasmani dan rohani,
  • Kaitannya dengan jasmani.
Dalam rihlah, kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti misalnya bagi yang melakukan rihlah di hutan maka mereka lebih banyak berjalan kaki sehingga otot-otot yang selama ini tak berfungsi maksimal yang diakibatkan dalam perjalanan selalunya menggunakan kendaraan dapat maka dengan rihlah otot-otot yang tadinya dimanja bisa digerakkan. INFO RIHLAH JOGJA WA 081904169982 / BBM DDDF6B6A
  • Kaitannya dengan rohani
Rihlah bukanlah sekedar hanya melakukan aktifitas jalan-jalan bersama keluarga dengan menikmati panorama alam baik di hutan, laut ataupun gunung, melainkan jauh daripada itu rihlah dilakukan dengan niat karena Allah SWT dan insya Allah akan bernilai ibadah sehingga menambah kuat iman yang terbentengi dengan akhlaq yang baik.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/01/blue-lagoon-yogyakarta-ada-di-sleman.html




  


LOKASI RIHLAH DI YOGYAKARTA

Pantai Sepanjang , Gunung Kidul , Yogyakarta


 

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Nama "Sepanjang" diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.

Suasana alami itulah yang menjadikan Pantai Sepanjang lebih dari Pantai Kuta. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam. Buktinya, anda akan tetap bisa menggeledah karang-karang untuk menemukan berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata). Anda juga tetap bisa menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput laut yang tertanam. INFO WISATA JOGJA WA 081904169982 / SMS 08156504380




PANTAI LOLANG




Pantai Lolang tergolong pantai mini berdiding karang, letaknya tidak jauh dari Pantai Sepanjang, lokasi pantai cocok untuk para Bolang, aktivitas camping di pantai mini ini  menjadi andalan, pantai memang masih sangat asri dan perawan, maka dari itu, sangat cocok bagi meraka Sang Bocah Petualang. INFO WISATA WA 0819 04169 982
Pantai Lolang merupakan sebuah Objek Wisata Pantai Gunungkidul bernuansa kembali pada alam, karang dikedua sisi pembatas pasir putihnya terlihat senada sengan aliran ombak yang menerjangnya, Sunset Tanah Jawa disinilah tempat yang paling mengesankan, pepohonan rindang sekitar pantai meneduhkan sinar matahari yang menyengat, tiada kesan panas di kawasan ini, serasa sejuk walau ditengah hari bolong.
Terdapat aliran sungai disekitar pantai, membuat fasilitas alami penambah gairah wisata, biasanya para tracking memutuskan untuk mendirikan tenda di sekitar area pantai, menikmati kebersamaan bersama kawan dengan view alam yang begitu indah dipandangan, jalan-jalan anda di kota jogja akan terasa lebih menggairahkan ketika menyambangi Pantai Lolang Gunungkidul Yogyakarta.



Nama Lolang terdengar masih asing ditelinga para pelancong, padahal didekatnya akan dibangun resort, mungkin setelah dibangunya resort tersebut nama lolang akan mulai mengudara, selagi masih sepi dari pengunjung, segerala datang ke Pantai Lolang, letaknya tidak jauh dari pantai sepanjang dan pantai kukup. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/03/paket-wisata-pantai-jogja-snorkling.html
Fasilitas hanya ada sungai air tawar, bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah puas bermain dipantai tersebut. Untuk menjangkau Pantai Lolang, ambil jalur menuju Pantai Sepanjang, akses jalan menuju sepanjang cukup bagus, beraspal dan petunjuk jalannya pun lengkap, ditambah panorama alam khas gunungkidul, perjalanan bab pertama akan sangat nyaman.



 

  
Pantai Lolang Sangat Indah dan Istimewa saat sunset tiba


MENARA GARDU PANDANG PANTAI POROK







Perjalanan yang menyenangkan dengan menikmati keindahan pantai selatan yang membuat lelah jadi gembira




Anda harus berjalan menaiki bukit yang cukup tinggi. Sambil berjalan menyusuri bukit, Anda akan terperangah melihat keindahan di sepanjang pantai ini. Suasana pantai yang juga sepi akan membuat Anda lebih terasa nyaman. Pemandangan yang masih asri luas terbentang menghiasi pantai yang satu ini. Deburan ombak yang menyambar-nyambar memecah dalamnya lautan. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/04/tempat-rekreasi-anak-anak-di-jogja.html
Keindahan di setiap sisi pantai menawarkan sensasi yang mengagumkan. Keindahan alam yang masih terjaga tergambar jelas dipantai ini. Tak jarang suara burung terdengar merdu di pantai ini. Suasana air yang tenang dan ombak yang tidak terlalu besar sangat cocok untuk Anda berenang. Selain itu, Anda dapat melihat biota laut yang terperangkap di hamparan batu karang yang tersebar. INFO WISATA WA 08190 41699 82 / BBM DDDF6B6A

  

 



 
Rihlah sebagai perekat silahturahmi sesama tim komunitas, membangkitkan budaya gotong royong yang akan meningkatkan kinerja suatu organisasi .

 





Jalan naik turun menambah keseruan di Menara pagoda PANTAI Porok

  

 

RIHLAH bersama DREAMGEDE Tour Travel memang LUARBIASA



APA ITU RIHLAH


Istilah Rihlah berasal dari bahasa arab irtihal, yang bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan gerakan yang dilakukan selama rihlah menempuh suatu jarak tertentu dinamakan dalam bahasa arab safar. 
  1. Maka mereka berkata: “Ya Tuhan kami jauhkanlah jarak perjalanan kami”, dan mereka menganiaya diri mereka sendiri; maka Kami jadikan mereka buah mulut dan Kami hancurkan mereka sehancur-hancurnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang sabar lagi bersyukur.     ( Q.S Saba’ : 19 )
  2. Sedangkan istilah Rihlah disebut dalam surat Quraisy ayat 1 dan 2
karena kebiasaan orang-orang Quraisy, yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas”
Adalah penduduk mekah pada masa turunnya Al-qur’an terbiasa melakukan Rihlah dan safar pada saat berdagang. Kegemaran tersebut pun makin meningkat setelah meluasnya ajaran islam, dan dilakukan dengan tujuan yang bermacam-macam yaitu untuk social, keagamaan, dan untuk menyebarluaskan atau mengaplikasikan Al-Qur’an.
Seruan islam untuk melakukan Rihlah :
  1. “Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain” ( Q.S Thaaha : 55 )
  2. ”…..Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya….” ( Q.S Hud : 61 )
  3. ”Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi….”                                       ( Q.S al-An’am : 165 )
  4. ”Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur”.                      ( Q.S al-A’raaf : 10 )
  5. ”Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat”. ( Q.S Yunus : 14 )

ALLAH SWT berulang-ulang mendorong hamba-Nya agar berjalan diatas permukaan bumi, agar dapat melihat keagungan ciptaan-Nya, dan kebesaran kekuasaan-Nya dalam bukti-bukti yang nyata, serta dalam penciptaan bahan-bahan tambang, tetumbuhan, hewan, dan udara. Ditambah dengan memperhatikan sejarah umat-umat terdahulu sehingga mereka dapat menangkap sunnah-sunnah Allah dalam alam ini, seperti menghancurkan orang-orang yang zalim, mengokohkan kedudukan orang-orang yang shaleh dan memberikan kekuasaan atau khilafah pada mereka. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2018/01/jasa-bekam-jogja-terapi-bekam.html



  
rehat sejenak di hamparan pantai pasir putih


Adapun RIHLAH ada bermacam-macam bentuknya ada hijrah yang ada pada zaman dahulu, dan ada juga yang untuk tujuan keagamaan seperti untuk menuntut ilmu pengetahuan, ibadah Haji, dll. Info wisata Jogja WA 081904169982 / BBM DDDF6B6A
Jadi ternyata RIHLAH yang sesuai dengan syariat dalam islam itu bukan hanya sekedar refreshing aja, tapi ada tujuan lain yang harus kita terapkan dalam Rihlah nah tujuannya apa yah tergantung niatnya kita semua.

Kalau kami juga sering melakukan hal seperti merenung sebentar untuk memikirkan apakah sebenarnya yang sudah dijalani sudah benar, biasanya ketika saya merenung untuk berfikir dan evaluasi.
Saya akan pergi ketempat-tempat dimana tidak ada orang yang mengenali saya, atau kemungkinan bertemu dengan orang yang kenal frekuensinya sangat kecil, biasanya saya selalu mencoba tempat makan baru, sambil denger musik nasyid dan membawa buku baru yang memang sudah seharusnya saya baca. 

Kami biasanya pergi sendiri berwisata dengan membaca Shirah Nabawiyah Rasulullah pasti tahu Rasul juga dulu sering menyendiri dan merenung, tapi Beliau merenung bukan untuk menghindari masalah, Beliau merenung untuk berpikir karena menurut pemikiran Beliau selama ini orang-orang yang ada disekelilingnya banyak yang menyembah berhala itu jelas adalah saat itu juga beliau mendapatkan Wahyu Kenabiannya di gua hiro melalui malaikat jibril. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/06/jasa-driver-murah-untuk-semarang-jasa.html
Karena itu menurut saya hal yang dilakukan oleh Rasulullah bisa juga ditiru bukan untuk menghindari masalah yang jelas ada didepan kita, tapi untuk mencari solusi.


Jadi pergilah merenung dan ketika kembali kalian sudah mempunyai solusi yang terbaik, cara lainnya kalian tentu saja bisa shalat malam ( Qiyamul Lail ).
Mari kita sama-sama berfikir bahwa memang sulit untuk menjadi BAIK atau menjadi BENAR, yang perlu kita lakukan adalah menggabungkan dua kata tersebut. Jadilah orang BAIK dan BENAR, karena bisa jadi pendapat kita menurut kita benar tapi sebetulnya salah dan pendapat orang lain menurut kita salah tetapi mengandung kebenaran.

Dengan bimbingan shalat Malam hati dan pikiran jadi tenang dan bahagia

SUNRISE PANTAI KRAKAL




Indahnya sunrise di Pantai Krakal
   


Pantai Krakal, pantai indah yang ada di deretan pantai gunung kidul Yogyakarta. 
Garis pantai yang sangat panjang dengan ombak yang tidak begitu besar menjadi ciri khas dan pesona dari Pantai Krakal ini. Bibir pantai yang landai menjadikan pantai ini sangat cocok untuk anda yang suka berenang di pantai. Pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai - pantai lainnya yang ada di deretan pantai gunung kidul Yogyakarta. 

Pesona keindahan dari Pantai Krakal ini diantaranya garis pantai yang sangat panjang, permukaan pantai yang landai, ombak yang tidak begitu besar, adanya banyak ikan hias yang berada di karang - karang dekat pantai pada musim - musim tertentu, tebing pantai yang sangat cantik, pemandangan sunset maupun sunrisenya yang begitu eksotis dan menawan sehingga banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk berburu pemandangan sunset maupun sunrise di Pantai Krakal ini.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/07/jasa-penyelenggara-meeting-di.html



  


Pantai Krakal sudah lama kondang sebagai salah satu pantai di ujung selatan Jogja yang memiliki keindahan luar biasa.

Pagi-pagi saya pun memaksakan mata saya untuk terbuka. Demi sunrise di Pantai Krakal. Nggak lama pun saya bisa menikmati indahnya golden sunrise yang indah itu.

golden sunrise yang bisa dinikmati






JADWAL RIHLAH by DREAMGEDE Tour Travel & Organizer

Hari kesatu

Berkumpul di tempat yang ditentukan
Berangkat menuju ke Pantai Sepanjang
Chek in Penginapan & persiapan
susur pantai Sepanjang - Pantai Lolang - menara pagoda pantai Porok
selesai dan mandi - mandi
Shalat Magrib - Tadarus al Quran - shalat Isya
makan Malam
Diskusi dan acara inti
selesai dan Istirahat

Hari Kedua

Bangun Malam dan shalat Malam

Subuh dan Kultum
Tadabur alam dan sunrise pantai Krakal
selesai dan permainan di pantai sepanjang
mandi - mandi
Sarapan pagi
acara diskusi dan Inti
selesai dan shalat Dhuhur
makan siang & pulang ke Jogja


Bila komunitas Pengajian, Sekolah, perusahaan atau instansi anda ingin mengadakan RIHLAH / outbound training di Yogyakarta dengan instruktur berpengalaman, maka pilihan anda sudah tepat bila memilih paket outbound DREAMGEDE Tour travel. Jangan khawatir! Kami sebagai perusahaan jasa wisata dan training Outbound di Jogja siap membantu merencanakan Paket RIHLAH anda.
baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/09/sewa-tempat-pengajian-di-yogyakarta.html


WA 081 9041 699 82
BBM DDDF6B6A
SMS 0815 6504 380

0 komentar:

Posting Komentar