Total Tayangan Halaman

Sabtu, 29 Juli 2017

WISATA BATURRADEN : CURUG JENGGALA, WISATA AIR TERJUN JENGGALA BATURRADEN, GUIDE WISATA BATURRADEN ( CURUG JENGGALA DAN SMALL WORLD BATURRADEN ), PAKET WISATA PETUALANG BATURRADEN :: AIR TERJUN JENGGALA





Ada Dek Cinta di Curug Jenggala di Banyumas, Jateng, Pelancong Bisa Berselfie di Sana




Kabupaten Banyumas Jawa tengah nyatanya mempunyai sangat banyak surga tersembunyi yang tidak sering di eksplorasi oleh beberapa traveller. Didekat Purwokerto daerah banyumas yang paling populer yaitu wisata baturaden. Namun siapa kira nyatanya masihlah di lokasi baturaden ada banyak surga tersembunyi. Satu diantara yang tengah jadi viral yaitu curug jenggala, Satu air terjun di daerah baturaden yang beberapa waktu terakhir jadi wisata hits untuk beberapa remaja di kota banyumas karena viral di sebagian social media seperti facebook, instagram serta twitter. 

DREAMGEDE Tour Travel mengajak kamu ke Wisata Air Terjun Jenggala. Awal mulanya curug jenggala dinamakan curug tempuan. Dinamakan seperti itu lantaran curug jenggala adalah hasil pertemuan sebagian sungai. Sesudah kesadaran orang-orang bakal akan potensi wisata curug itu, lewat musyawarah mufakat desa pada akhirnya nama air terjun itu diberi nama curug jenggala. info wisata WA 081904169982 / BBM 5513A5A6
Dengan swadaya orang-orang serta pemerintah setempat, Pada akhirnya curug atau air terjun yang masihlah termasuk juga baru ini, mulai dibenahi dengan melakukan perbaikan akses masuk menuju air terjun serta menambahkan sebagian sarana umum untuk beberapa wisatawan. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2017/07/wisata-baturraden-dan-purwokerto-paket.html

 

Tempat Serta Rute Menuju Ke Curug Jenggala Kalipagu 

Dengan cara administratif curug jenggala ada di daerah Dusun kalipagu, di desa Ketenger Kecamatan Baturaden. Tempat curug jenggala masihlah ada di dalam tempat milik Perhutani KPH Banyumas Timur.Tempat wisata curug jenggala juga tidaklah terlalu susah untuk dibuka. Bila anda pernah berwisata ke baturaden. Nah curug jenggala masihlah ada di satu lokasi baturaden. Di sana pengunjung dapat ajukan pertanyaan rute untuk menuju ke curug jenggala.

 

Rute menuju ke air terjun jenggalapun tidaklah terlalu susah. dari kota purwokerto untuk menuju ke kalipagu anda dapat melalui rute untuk menuju ke kompleks wisata baturaden. Setelah tiba di baturaden perjalanan diteruskan menuju ke arah curug bayan atau curug gede. 
Di segi satu homestay yang ada tak jauh dari curug bayan ada satu jalan yang agak menanjak menuju ke arah kalipagu. Lantas pengunjung bakal meleati satu portal yang disulap jadi sejenis portal retribusi wisata. info wisata WA 081904169982

 
Suasana Cerah di lereng kaki Gunung Slamet. Banyak Rombongan menaiki ratusan anak tangga berupa tanah berundak yang ditahan bambu-bambu. Mereka  khusus datang ke wisata alam di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jateng, untuk mengisi waktu liburan. Curug Jenggala berjarak sekitar 17 kilometer dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, dengan waktu tempuh 45 menit hingga satu jam menggunakan kendaraan bermotor. 
Sekitar 800 meter sebelum curug, karena akses jalan terbatas, kendaraan roda dua harus diparkir di halaman rumah warga dengan ongkos Rp 2.000 per motor.Dari parkiran, pengunjung dapat berjalan kaki menyusuri jalan bebatuan dan setapak selebar 1 meter di tepi pipa air PLTA Ketenger.
  
Sambil berjalan, pengunjung dapat menikmati sawah, alam perbukitan, dan hutan alami di wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Banyumas Timur. Jalan yang terjal dan curam itu dapat ditempuh sekitar 30-45 menit.
(Alternatif lain adalah menyewa jasa ojek warga setempat dengan ongkos Rp 10.000 sekali antar hingga kompleks Rumah Jaga Kolam Tando Harian Muntu Sub PLTA Ketenger. Rumah jaga itu hanya 300 meter sebelum air terjun. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2016/08/paket-wisata-keraton-yogyakarta-paket.html
Jadi, pengunjung hanya tinggal berjalan kaki menyusuri bukit dan menyeberangi sungai dengan waktu tempuh 15 menit sebelum tiba di curug.
  
 Jembatan penghubung dari aliran sumber mata air. Unik & Menarik !! 
Sesudah melewati kami masih mesti tracking lagi melalui jalur menuju ke curug jenggala sekitaran 10 menit perjalanan kaki. Jalur ini sendiri masihlah berbentuk tanah liat, jadi dianjurkan hati-hati lantaran jalan bakal begitu licin saat habis hujan. Meskipun perjalanan cuma 400-500 mtr. Dengan tracking tengah, walau demikian pengunjung dianjurkan untuk membawa bekal makan serta minum, atau bisa jajan karena penduduk setempat udah banyak berjualan dan warung sangat tertib dan bersih.


 

Jalan yang menanjak tapi nyaman & bersih, banyak tanaman cantik di sekitar Curug Jenggala





 

Sarana Di Curug Jenggala Kalipagu 

Lantaran air terjun atau curug jenggala masihlah termasuk juga air terjun yang masihlah baru serta masih tetap dalam sistem pengembangan jadi sebagian sarana paling utama sudah ada dengan lengkap seperti toilet serta tempat ubah pakaian, telah ada walau demikian mesti antri saat musim liburan. baca juga :  http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2015/08/paket-wisata-syariah-yogyakarta-tour.html

Nah yang paling ngehits dari curug jenggala yaitu satu deck kayu berupa hati yang ada di cocok depan air terjun itu. Tempat dek kayu tu begitu pas untuk spot penggambilan photo atau untuk selfie. 


Dek cinta
Ikon khas wisata alam Curug Jenggala adalah dek cinta yang disusun dari kayu berbentuk waru atau hati.
Di dek itu, para pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang empat buah jeram dari air terjun Jenggala.  Bila ingin mendapatkan foto dengan komposisi utuh dek cinta serta pemandangan air terjun, telah disediakan pula sebuah panggung setinggi 1,5 meter di depan dek cinta. Di balik dek cinta ada makna untuk mengingatkan seluruh pengunjung dan warga tentang semangat handuweni atau memiliki.

 

Diluar itu, Curug jenggala masihlah mempunyai panorama yang alami, dengan pohon-pohon yang masihlah rindang Yang memberi situasi romantis di sekitaran curug jenggala. Curug jenggala sendiri ada 3 air terjun yang berjejer melebar.

Untuk kalian beberapa traveller serta penggemar wisata alam di sekitaran banyumas serta purwokerto, Explore lebih jauh keindahan curug jenggala serta sebagian curug lain di sekitar curug jenggala, serta pastinya dengan tetaplah menyukai alam.



 

Dengan semangat memiliki, orang akan ikut mencintai dan menjaga lingkungan serta sesamanya



Hawa yang sejuk mendekati Air Terjun Jenggala dari Bawah

Curug Jenggala kini dikelola warga sekitar. Modal untuk membeli kayu untuk membuat dek cinta dan jembatan disediakan Perhutani, sedangkan warga bergotong royong menata tempat itu. Misi yang diangkat adalah hutan lestari, masyarakat sejahtera. Setidaknya ada 30 orang yang dilibatkan untuk mengelola tempat wisata itu.

Mereka berbagi tugas, antara lain menjaga loket masuk, pengembangan usaha, dan keamanan. Tiap bulan rata-rata pendapatan mereka berkisar Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per orang. Dari sisi ekonomi, warga mendapatkan pemasukan tambahan. Dari segi sosial, warga mulai sadar bagaimana menyapa pengunjung serta tidak lagi menjemur pakaian dalam di depan rumah. baca juga : http://dreamgedejogja.blogspot.co.id/2014/09/paket-wisata-jogja-dieng-jogja-dieng_18.html
Di wilayah itu terdapat pula obyek wisata Curug Penganten, Curug Muntu, Situs Batur Lumpang, dan Bukit Cinta. Sebelum curug ini dibuka, jumlah kunjungan per bulan tidak sampai 2.000 orang. Setelah dibuka, pengunjung bertambah sampai 10.000 bahkan 13.000 orang per bulan. Di sana juga terdapat Situs Batur Semende yang menjadi penanda tempat pelatihan para prajurit Kerajaan Jenggala pada tahun 1040. Di sini para prajurit utama atau para senopati berlatih ilmu keprajuritan dan kanuragan.
SMALL WORLD BATURRADEN



Tidak butuh jauh berwisata untuk lihat beragam bangunan yang masuk keajaiban dunia, di Baturraden ada juga Taman Miniatur Dunia atau Small World Baturraden. Satu tempat rekreasi sekalian wahana edukasi yang diisi beragam miniatur mahakarya mengagumkan yang menyebar di beberapa belahan dunia. info wisata WA 081904169982 / 08156504380
 
Sebagai wahana rekreasi sekalian edukasi, gagasannya Small World ini bakal mempunyai sangat banyak miniatur bangunan populer dari semua dunia, seperti (yang telah ada) Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney serta banyak yang lain. Pastinya ada karya dari Indonesia seperti tempat tinggal tradisional serta Tugu Monas.
 
Lokasi Small World Purwokerto ini masih di sekitaran lokawisata Baturaden setelah berkunjung ke Curug Jenggala. Jika anda ingin kesana anda bisa melewati jalur utama Purwokerto - Baturaden. Nanti sebelum sampai di terminal Baturaden ada gang di sebelah kiri atau barat jalan. Ada penunjuk arah menuju ke Curug Gede, belok ke gang tersebut kemudian ada pertigaan anda belok kiri atau menuju ke selatan. Lokasi Small World tidak jauh dari terletak di sebelah barat jalan. 

Paket wisata Indahnya Baturaden

Theater Alam di Lokawisata Baturraden


Kawasan Kebun Raya Baturraden dan Camping Ground Wana wisata Baturraden
 
Paket Wisata Baturaden oleh DREAMGEDE Tour Travel biro perjalanan yang terpercaya dan destinasi wisata yang beragam. Dapatkan harga promo untuk Tour Baturaden. Dalam Paket Wisata Jogja Baturaden ini Anda akan kami ajak untuk mengunjungi obyek wisata alam dan taman Baturaden yang kemudian dilanjutkan : Hotspring Pancuran Pitu, Kebun Raya Baturraden, Telogo Sunyi. Untuk Keluarga, kerabat, Kantor, sekolah, kuliah, dan Honey Moon. 


WA 081904 169 982
SMS 08156 5043 80
BBM 5513A5A6



0 komentar:

Posting Komentar