Total Tayangan Halaman

Selasa, 23 Februari 2016

LAVA BANTAL, WISATA DI YOGYAKARTA. LAVA BANTAL WISATA PENELITIAN DI YOGYAKARTA, LAVA BANTAL WISATA ALAM SUNGAI DI YOGYAKARTA

LAVA BANTAL WISATA GEOLOGI 
DI YOGYAKARTA

LAVA BANTAL WISATA 
ALTERNATIF BARU DI YOGYAKARTA



Kawasan wisata Lava Bantal Berbah merupakan salah satu wisata geo heritage untuk mengulik sejarah terjadinya pulau jawa. Di bibir Sungai Opak, ada bongkahan-bongkahan batu besar berwarna hitam mengkilap yang bentuknya menyerupai bantal. Batuan-batuan yang lebih dikenal dengan Lava Bantal ini dipercaya sebagai bukti yang menunjukkan proses awal pembentukan gunung api purba di Pulau Jawa. Keberadaan batuan-batuan yang terbentuk puluhan juta tahun yang lalu ini semakin mempercantik Sungai Opak. pAKET WISATA YOGYAKARTA 081565 04380





Sepintas nama Lava Bantal terdengar aneh, bagaimana tidak, lava yang merupakan cairan larutan magma yang keluar dari inti bumi melalui gunung berapi disandingkan dengan bantal yang terkesan empuk.Pemilihan nama ini tak lain lantaran bentuk batuan yang ada di lokasi tersebut bergunduk menyerupai tumpukan bantal dari bekas aliran lava yang mengeras sejak jutaan tahun lalu.
Selain aliran air sungai yang bersanding dengan tumpukan batuan lava, pengunjung yang datang di lokasi ini juga disajikan pemandangan hamparan padang rumput yang cukup luas. 


Suasananya masih asri, udaranya juga segar berbeda di wilayah perkotaan. Selain itu, belum banyak pengunjung sehingga tidak terlalu macet di lokasi Lava Bantal. Bahkan aliran air yang mengalir melewati batuan vulkanik ini membuatnya rileks. Di sini view-nya bagus, lain dari lokasi wisata lainnya. Apalagi jauh dari kebisingan sehingga cocok untuk relaksasi. 
Selain menjadi obyek wisata alam yang unik, Lava Bantal juga seringkali dijadikan obyek penelitian untuk kepentingan studi. Keunikan batuan lava di aliran Sungai Opak itu lantaran terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang membeku kontak langsung dengan air dan menyebabkan mineralnya membentuk geometri mirip tumpukan bantal. info 081565 04380 / WA 081904169982




Di lokasi LAVA bantal ini sudah masuk dalam daftar sembilan obyek wisata yang akan dikembangkan oleh Pemda DIY.
Dengan demikian apabila sudah terkelola dengan baik, maka diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga di sekitar Lava Bantal seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan. 
Dengan luas kurang lebih enam ribu meter persegi dan berlokasi di Dusun Candirejo, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, embung ini dimaksudkan untuk keperluan irigasi 65 hektar sawah di sekitar Kecamatan Berbah.
Sejauh ini embung Candirejo sekadar dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memancing.Lantas melihat potensi daya tariknya yang tinggi, embung ini juga akan dimanfaatkan sebagai sarana ekowisata dan konservasi air karena letaknya tidak terlalu jauh dari laboratorium alam lava bantal yang merupakan lapisan tanah jawa yang pertama kali terbentuk. 
Kemudian dikombinasikan pula dengan wisata yang ada di Gunungbangkel yang biasa digunakan sebagai area outbond dan offroad serta potensi wisata budaya seperti seni ketoprak, wayang maupun gejog lesung yang masih terus dilestarikan di Candirejo ini.




PAKET WISATA YOGYAKARTA
MEMBUTUHKAN : Driver , Guide wisata Jogja, dan rental mobil dan bus 25, 32, 40, 50 seat kami menyediakan


WA 081904169982
BBM 5513A5A6
SMS 08156504380
www.dreamgedejogja.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar